Bahan Alami Untuk Memutihkan Kulit Wajah Dan Tubuh

Posted on

Bahan Alami Untuk Memutihkan Kulit Wajah Dan Tubuh salah satu yang populer di internet. Tips Kecantikan mudah diaplikasikan dan cocok untuk semua. Kamu wajib simak di bawah ini.

Bahan Alami Untuk Memutihkan Kulit Wajah Dan Tubuh

Bahan Alami untuk Memutihkan Kulit Wajah dan Tubuh

Memiliki kulit yang putih dan bersih tentu menjadi dambaan bagi banyak orang, terutama perempuan. Meskipun banyak produk kecantikan yang menawarkan efek memutihkan kulit, namun penggunaan bahan kimia yang terkandung di dalamnya seringkali menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan kulit. Oleh karena itu, penggunaan bahan alami untuk memutihkan kulit wajah dan tubuh menjadi alternatif yang lebih aman dan sehat.

Manfaat Memutihkan Kulit

Membahas tentang bahan alami untuk memutihkan kulit, tentu akan lebih baik jika kita mengetahui terlebih dahulu manfaat dari memutihkan kulit. Selain untuk kecantikan, memutihkan kulit juga memiliki beberapa manfaat lainnya, yaitu:

1. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Kulit yang putih memiliki kemampuan untuk menyerap sinar ultraviolet (UV) lebih sedikit dibandingkan dengan kulit yang gelap. Oleh karena itu, kulit putih dapat membantu melindungi kulit dari bahaya sinar UV yang dapat menyebabkan kerusakan kulit dan bahkan kanker kulit.

2. Menyamarkan Noda-Noda pada Kulit

Kulit yang putih juga dapat menyamarkan noda-noda pada kulit, seperti bekas jerawat, bintik-bintik hitam, dan noda-noda lainnya. Hal ini tentu akan membuat kulit terlihat lebih bersih dan cantik.

3. Mencegah Penuaan Dini

Kulit yang putih memiliki kadar kolagen yang lebih banyak dibandingkan dengan kulit yang gelap. Kolagen sendiri berperan penting dalam menjaga kekenyalan kulit dan mencegah penuaan dini.

Bahan Alami untuk Memutihkan Kulit

Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk memutihkan kulit wajah dan tubuh:

1. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa kurkuminoid yang dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi produksi melanin. Caranya, campurkan bubuk kunyit dengan air atau susu hingga membentuk pasta, lalu oleskan pada kulit wajah atau tubuh. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

2. Lemon

Lemon mengandung asam sitrat yang dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi produksi melanin. Caranya, peras lemon dan campurkan air perasan dengan air bersih. Gunakan kapas untuk mengoleskan campuran tersebut pada kulit wajah atau tubuh. Hindari penggunaan lemon pada kulit yang sedang luka atau iritasi.

3. Tomat

Tomat mengandung likopen yang dapat membantu memutihkan kulit dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Caranya, haluskan tomat dan oleskan pada kulit wajah atau tubuh. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

4. Susu

Susu mengandung asam laktat yang dapat membantu mengurangi produksi melanin dan mencerahkan kulit. Caranya, campurkan susu dengan air atau madu hingga tercampur rata, lalu oleskan pada kulit wajah atau tubuh. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

5. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Caranya, haluskan pepaya dan oleskan pada kulit wajah atau tubuh. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

6. Beras

Beras mengandung asam kojic yang dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi produksi melanin. Caranya, rendam beras dalam air selama beberapa jam, lalu haluskan hingga membentuk pasta. Oleskan pasta tersebut pada kulit wajah atau tubuh, diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

7. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung aloin yang dapat membantu mengurangi produksi melanin dan mencerahkan kulit. Caranya, ambil gel lidah buaya dan oleskan pada kulit wajah atau tubuh. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

8. Kentang

Kentang mengandung vitamin C dan pati yang dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi produksi melanin. Caranya, haluskan kentang dan oleskan pada kulit wajah atau tubuh. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

9. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi produksi melanin. Caranya, oleskan minyak kelapa pada kulit wajah atau tubuh dan pijat secara perlahan. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

10. Teh Hijau

Teh hijau mengandung polifenol yang dapat membantu mencerahkan kulit dan melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Caranya, celupkan kantong teh hijau dalam air panas selama beberapa menit, lalu biarkan dingin dan gunakan untuk mengompres kulit wajah atau tubuh selama 15-20 menit.

Bahan alami untuk memutihkan kulit wajah dan tubuh memang aman dan sehat, namun penggunaannya tidak dapat memberikan hasil instan seperti produk kecantikan yang mengandung bahan kimia. Oleh karena itu, perlu dilakukan secara rutin dan konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

People also ask: Apa saja efek samping dari penggunaan produk kecantikan yang mengandung bahan kimia?

Jawaban: Penggunaan produk kecantikan yang mengandung bahan kimia dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, dan bahkan kerusakan permanen pada kulit. Selain itu, beberapa bahan kimia tertentu juga dapat menyebabkan kanker kulit dan masalah kesehatan lainnya.

Terima kasih sudah membaca Bahan Alami Untuk Memutihkan Kulit Wajah Dan Tubuh ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :