Cara Membuat Sambal Dadakan Yang Enak

Posted on

Cara Membuat Sambal Dadakan Yang Enak salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Cara Membuat Sambal Dadakan Yang Enak

Kamu suka makan sambal? Apalagi sambal dadakan yang enak. Nah, sebagai seorang koki profesional, kali ini saya akan membagikan resep cara membuat sambal dadakan yang enak untuk kamu. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat sambal dadakan yang enak, tentu saja kamu perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 10 buah cabai rawit merah
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 2 sdm minyak goreng

Cara Membuat Sambal Dadakan yang Enak

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat sambal dadakan yang enak:

1. Siapkan Bahan-Bahannya

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Pastikan bahan yang akan digunakan sudah bersih dan segar. Ini penting untuk memastikan rasa yang enak pada sambal dadakan yang akan kamu buat.

2. Goreng Cabai dan Bawang Putih

Goreng cabai merah keriting, cabai rawit merah, dan bawang putih dengan minyak goreng. Goreng sampai cabai dan bawang putih menjadi layu dan setengah kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

3. Haluskan Cabai dan Bawang Putih

Setelah cabai dan bawang putih sudah digoreng, haluskan dengan blender atau ulekan. Haluskan sampai bumbu cabai dan bawang putih tercampur sempurna. Jangan lupa untuk tidak menghaluskan terlalu lama agar sambal dadakan tidak terlalu encer.

4. Potong Tomat dan Campurkan dengan Bumbu Cabai

Potong tomat kecil-kecil dan campurkan dengan bumbu cabai yang sudah dihaluskan. Aduk hingga tercampur rata.

5. Tambahkan Gula, Garam, dan Air Jeruk Nipis

Tambahkan gula pasir, garam, dan air jeruk nipis ke dalam campuran cabai dan tomat. Aduk lagi hingga tercampur rata dan rasanya pas.

6. Sajikan Sambal Dadakan yang Enak

Sambal dadakan yang enak sudah siap disajikan. Kamu bisa menikmati sambal dadakan ini bersama dengan makanan kesukaanmu seperti nasi goreng, mie goreng, atau ayam goreng. Selamat mencoba!

People also ask: Apa itu sambal dadakan? Sambal dadakan adalah sambal yang dibuat secara instan tanpa perlu memasaknya terlebih dahulu. Sambal dadakan biasanya dibuat dengan cara menghaluskan cabai dan bawang putih dengan bantuan blender atau ulekan, lalu dicampur dengan bahan-bahan lain seperti tomat, gula, garam, dan lain sebagainya.

Terima kasih sudah membaca Cara Membuat Sambal Dadakan Yang Enak ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :