Cara Mengobati Bisul Di Dalam Kelopak Mata

Posted on

Cara Mengobati Bisul Di Dalam Kelopak Mata salah satu yang populer di internet. Tips Kecantikan mudah diaplikasikan dan cocok untuk semua. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Mengobati Bisul Di Dalam Kelopak Mata

Bisul merupakan infeksi kulit yang terjadi akibat adanya bakteri Staphylococcus aureus yang masuk ke dalam folikel rambut atau kelenjar minyak pada kulit. Bisul biasanya terjadi pada bagian tubuh yang mudah terkena gesekan atau tekanan, seperti wajah, leher, ketiak, dan paha. Namun, bisul juga dapat terjadi di dalam kelopak mata, yang dapat mengganggu penglihatan dan menimbulkan rasa sakit. Berikut adalah cara mengobati bisul di dalam kelopak mata.

Pengenalan Bisul di Dalam Kelopak Mata

Bisul di dalam kelopak mata biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus yang masuk ke dalam kelenjar minyak di sekitar bulu mata. Gejala bisul di dalam kelopak mata meliputi:

  • Muncul benjolan merah dan nyeri di sekitar kelopak mata.
  • Benjolan bisa terasa sakit dan berisi nanah.
  • Kelopak mata bisa membengkak dan terasa gatal.
  • Bisa terjadi penglihatan kabur jika bisul terlalu besar atau terletak di dekat mata.

Jika bisul di dalam kelopak mata tidak diobati dengan benar, infeksi bisa menyebar ke bagian lain dari wajah atau bahkan ke dalam mata dan menyebabkan komplikasi serius. Oleh karena itu, penting untuk segera mengobati bisul di dalam kelopak mata begitu gejala-gejalanya muncul.

Cara Mengobati Bisul di Dalam Kelopak Mata

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati bisul di dalam kelopak mata, antara lain:

1. Kompres Hangat

Kompres hangat adalah cara yang efektif untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat bisul di dalam kelopak mata. Caranya yaitu dengan merendam handuk bersih dalam air hangat, kemudian peras dan tempelkan pada kelopak mata yang terkena bisul selama 10-15 menit. Lakukan beberapa kali sehari untuk hasil yang lebih cepat.

2. Obat Tetes Mata Antibiotik

Jika bisul di dalam kelopak mata disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter mungkin akan meresepkan obat tetes mata antibiotik untuk membantu menghilangkan infeksi. Obat tetes mata ini biasanya diberikan selama 5-7 hari, tergantung pada kondisi pasien.

3. Obat Antibiotik Oral

Jika bisul di dalam kelopak mata sudah terlalu besar atau menyebar ke bagian lain dari wajah, dokter mungkin akan meresepkan obat antibiotik oral untuk membantu menghilangkan infeksi. Obat ini biasanya diberikan selama 7-10 hari, tergantung pada kondisi pasien.

4. Pembuangan Bisul

Jika bisul di dalam kelopak mata sudah terlalu besar dan menyebabkan rasa sakit yang parah, dokter mungkin akan melakukan pembedahan kecil untuk mengeluarkan nanah dari dalam bisul. Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan anestesi lokal dan biasanya membutuhkan waktu beberapa hari untuk pemulihan.

Tips untuk Mencegah Bisul di Dalam Kelopak Mata

Untuk mencegah bisul di dalam kelopak mata, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, terutama sebelum menyentuh wajah.
  • Hindari memakai kosmetik yang sudah kadaluwarsa atau terkontaminasi bakteri.
  • Jangan berbagi handuk atau alat makeup dengan orang lain.
  • Hindari memencet atau menggaruk bisul, karena bisa menyebabkan infeksi menyebar.
  • Jaga kebersihan dan kelembapan mata dengan memakai kacamata atau lensa kontak yang bersih dan steril.

Jika gejala bisul di dalam kelopak mata tidak kunjung membaik setelah beberapa hari atau bahkan semakin parah, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

People Also Ask

1. Apakah bisul di dalam kelopak mata bisa sembuh sendiri?

Jawaban: Bisul di dalam kelopak mata biasanya membutuhkan pengobatan, terutama jika gejalanya semakin parah atau menyebar ke bagian lain dari wajah.

2. Apa yang menyebabkan bisul di dalam kelopak mata?

Jawaban: Bisul di dalam kelopak mata disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus yang masuk ke dalam kelenjar minyak di sekitar bulu mata.

3. Bisul di dalam kelopak mata bisa menyebar ke bagian lain dari wajah?

Jawaban: Ya, bisul di dalam kelopak mata bisa menyebar ke bagian lain dari wajah jika tidak diobati dengan benar.

4. Apa yang harus dilakukan jika bisul di dalam kelopak mata pecah?

Jawaban: Jangan mencabut atau memencet bisul yang pecah, karena bisa menyebabkan infeksi menyebar. Bersihkan area sekitar bisul dengan air dan sabun, kemudian tempelkan kasa steril untuk membantu mencegah infeksi.

5. Apakah bisul di dalam kelopak mata berbahaya?

Jawaban: Bisul di dalam kelopak mata bisa berbahaya jika tidak diobati dengan benar, karena bisa menyebar ke bagian lain dari wajah atau bahkan ke dalam mata dan menyebabkan komplikasi serius.

Terima kasih sudah membaca Cara Mengobati Bisul Di Dalam Kelopak Mata ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :