Resep Kue Cakar Ayam Tepung Ketan

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Cakar Ayam Tepung Ketan salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Cakar Ayam Tepung Ketan

Kue cakar ayam tepung ketan adalah salah satu kue khas Indonesia yang sangat populer. Kue ini terbuat dari ayam yang digoreng dengan tepung ketan yang memberikan rasa yang renyah dan gurih. Jika Anda ingin mencoba membuat kue cakar ayam tepung ketan, di bawah ini adalah resep yang bisa Anda ikuti.

Bahan-bahan

Sebelum mulai membuat kue cakar ayam tepung ketan, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 500 gram daging ayam tanpa tulang
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sendok teh kecap manis
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • 100 gram tepung ketan
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 100 ml air
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Setelah semua bahan siap, langkah selanjutnya adalah membuat kue cakar ayam tepung ketan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Potong Ayam

Pertama-tama, potong ayam menjadi 8 bagian dan bersihkan dari kotoran. Setelah itu, haluskan bawang putih dan aduk rata dengan garam, merica bubuk, kecap manis, dan minyak wijen. Lumuri potongan ayam dengan bumbu tersebut dan diamkan selama 30 menit.

2. Campurkan Tepung Ketan

Selanjutnya, campurkan tepung ketan, baking powder, garam, dan merica bubuk dalam sebuah wadah. Aduk rata dan tambahkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kental.

3. Celupkan Ayam ke dalam Adonan Tepung Ketan

Celupkan potongan ayam ke dalam adonan tepung ketan dan pastikan ayam terbalut dengan rata. Gulingkan ayam ke dalam minyak panas dan goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan.

4. Tiriskan dan Sajikan

Angkat ayam dari minyak goreng dan tiriskan. Sajikan kue cakar ayam tepung ketan dengan saus sambal atau saus tomat.

Tips

Untuk membuat kue cakar ayam tepung ketan yang lebih sehat, gunakan ayam tanpa kulit dan goreng dengan menggunakan sedikit minyak.

Itulah resep untuk membuat kue cakar ayam tepung ketan yang lezat dan gurih. Selamat mencoba!

People also ask:

Q: Apakah tepung ketan bisa diganti dengan tepung biasa?

A: Tepung ketan memberikan tekstur yang lebih kenyal dan gurih pada kue cakar ayam. Jika Anda mengganti dengan tepung biasa, kue cakar ayam tidak akan sekenyal dan segurih jika menggunakan tepung ketan.

Q: Berapa lama ayam harus direndam dalam bumbu?

A: Ayam harus direndam dalam bumbu selama minimal 30 menit agar bumbu meresap ke dalam daging ayam.

Q: Bisakah saya menggunakan ayam dengan kulit?

A: Anda bisa menggunakan ayam dengan kulit, namun pastikan untuk mengurangi jumlah minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng ayam agar tidak terlalu berlemak.

Q: Apa yang bisa saya gunakan sebagai pengganti saus sambal atau saus tomat?

A: Anda bisa menggunakan saus hoisin atau saus barbecue sebagai pengganti saus sambal atau saus tomat.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Cakar Ayam Tepung Ketan ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :