Resep Kue Lebaran Sederhana Tanpa Oven

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Lebaran Sederhana Tanpa Oven salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Lebaran Sederhana Tanpa Oven

Kue lebaran adalah makanan khas yang selalu menjadi primadona di setiap momen Lebaran. Setiap tahunnya, kue lebaran selalu menjadi incaran banyak orang. Tapi, bagaimana jika kamu tidak memiliki oven untuk membuat kue lebaran? Tenang saja, kamu masih bisa membuat kue lebaran sederhana tanpa oven. Berikut adalah resepnya.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat kue lebaran sederhana tanpa oven, pastikan kamu menyiapkan bahan-bahan berikut:

1. Tepung Terigu

Tepung terigu adalah bahan utama yang harus kamu siapkan. Kamu bisa menggunakan tepung terigu serbaguna yang dijual di pasaran.

2. Gula Pasir

Gula pasir menjadi bahan penting untuk memberikan rasa manis pada kue lebaran. Kamu bisa menyesuaikan jumlah gula pasir sesuai dengan selera.

3. Susu Cair

Untuk memberikan rasa yang lebih lembut pada adonan kue, kamu bisa menggunakan susu cair. Kamu bisa menggunakan susu cair full cream atau low fat.

4. Mentega

Mentega berguna untuk memberikan aroma yang harum dan rasa yang gurih pada kue lebaran. Kamu bisa menggunakan mentega yang dijual di pasaran.

5. Telur Ayam

Telur ayam digunakan untuk mengikat adonan kue. Pastikan kamu menggunakan telur ayam yang segar.

6. Bahan Pelengkap

Bahan pelengkap seperti kismis, almond, atau cokelat cincang bisa kamu tambahkan sesuai dengan selera. Bahan pelengkap ini akan memberikan rasa yang lebih nikmat pada kue lebaran.

Cara Membuat

Setelah menyiapkan bahan-bahan di atas, kamu bisa mulai membuat kue lebaran sederhana tanpa oven dengan cara sebagai berikut:

1. Siapkan Wadah

Siapkan wadah yang cukup besar untuk mengaduk semua bahan. Pastikan wadah yang kamu gunakan bersih dan kering.

2. Campurkan Bahan Kering

Campurkan tepung terigu dan gula pasir ke dalam wadah. Aduk hingga merata.

3. Tambahkan Bahan Basah

Tambahkan susu cair, mentega yang telah dilelehkan, dan telur ayam. Aduk hingga merata dan adonan menjadi kalis.

4. Tambahkan Bahan Pelengkap

Tambahkan bahan pelengkap seperti kismis, almond, atau cokelat cincang. Aduk hingga merata.

5. Bentuk Adonan

Bentuk adonan sesuai dengan selera. Kamu bisa membuat adonan menjadi bola-bola kecil atau bentuk lainnya.

6. Panggang di Wajan

Panaskan wajan dengan api kecil. Setelah wajan panas, masukkan adonan kue. Tutup wajan dan panggang hingga kue matang dan berwarna kecokelatan.

7. Bolak-balik Adonan

Setelah kue matang di satu sisi, balik adonan dan panggang hingga sisi lainnya matang.

8. Angkat dan Sajikan

Setelah kue matang, angkat dan dinginkan. Kue siap disajikan.

Perhatian

Agar kue lebaran sederhana tanpa oven yang kamu buat matang sempurna, pastikan api yang digunakan tidak terlalu besar. Kamu juga harus memperhatikan suhu dan waktu panggang agar kue tidak gosong atau mentah.

Penutup

Itulah resep kue lebaran sederhana tanpa oven yang bisa kamu coba. Meski tanpa oven, kamu tetap bisa memanjakan keluarga dan teman-teman dengan kue lebaran yang enak dan lezat. Selamat mencoba!

Jawaban untuk pertanyaan yang sering diajukan (People Also Ask):

1. Apakah kue lebaran sederhana tanpa oven bisa tahan lama?

Ya, kue lebaran sederhana tanpa oven bisa tahan lama. Kamu cukup menyimpan kue dalam wadah kedap udara dan letakkan di tempat yang kering dan sejuk.

2. Apakah resep kue lebaran sederhana tanpa oven bisa dimodifikasi?

Tentu saja bisa. Kamu bisa menambahkan atau mengurangi bahan sesuai dengan selera. Kamu juga bisa mencoba variasi bentuk dan rasa kue lebaran sederhana tanpa oven.

3. Apakah kue lebaran sederhana tanpa oven lebih mudah dibuat daripada yang menggunakan oven?

Iya, kue lebaran sederhana tanpa oven lebih mudah dibuat daripada yang menggunakan oven. Kamu tidak perlu repot-repot mempersiapkan oven dan mengatur suhu dan waktu panggang.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Lebaran Sederhana Tanpa Oven ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :