Resep Kue Sagu Atau Bagea Papua

Posted on

Resep Kue Sagu Atau Bagea Papua, salah satu resep kue yang populer, enak, mudah dalam membuat dan cocok untuk semua. Sama seperti Resep Kue Kering Tanpa Oven Dan Moxee, resep ini juga bisa menjadi Kue favorit keluarga yang bikin nagih, simak pembahasan selengkapnya di bawah ini :

Resep Kue Sagu Atau Bagea Papua

Gampang Banget! Resep Kue Sagu Atau Bagea Papua Cocok untuk Semua

Kue sagu atau bagea papua adalah salah satu kue tradisional khas Papua yang terbuat dari tepung sagu. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya yang manis. Berikut adalah resep kue sagu atau bagea papua yang dapat kamu coba buat di rumah.

Bahan-bahan

Untuk membuat kue sagu atau bagea papua, kamu membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:

1. Tepung sagu

Tepung sagu menjadi bahan utama dalam membuat kue sagu atau bagea papua. Tepung sagu harus dalam keadaan halus dan tidak menggumpal.

2. Gula merah

Gula merah digunakan untuk memberikan rasa manis pada kue sagu atau bagea papua. Gula merah harus dipotong kecil-kecil agar mudah larut dalam adonan kue.

3. Kelapa parut

Kelapa parut digunakan untuk memberikan aroma dan rasa pada kue sagu atau bagea papua. Kelapa parut yang digunakan harus diparut halus dan tidak terlalu tua.

4. Santan

Santan digunakan untuk membuat adonan kue sagu atau bagea papua menjadi lebih lembut dan kenyal. Santan yang digunakan dapat menggunakan santan instan atau santan asli.

5. Garam

Garam digunakan untuk memberikan rasa pada kue sagu atau bagea papua. Garam yang digunakan harus secukupnya agar tidak terlalu asin.

6. Daun pandan

Daun pandan digunakan untuk memberikan aroma pada kue sagu atau bagea papua. Daun pandan yang digunakan harus segar dan tidak layu.

7. Air matang

Air matang digunakan untuk melarutkan gula merah dan membuat adonan kue sagu atau bagea papua menjadi lebih cair.

Cara membuat

Berikut adalah cara membuat kue sagu atau bagea papua:

1. Campurkan tepung sagu, gula merah yang sudah dipotong kecil-kecil, kelapa parut, garam, dan daun pandan dalam wadah yang besar. Aduk rata.

Untuk membuat adonan kue sagu atau bagea papua, kamu harus mencampurkan semua bahan dalam satu wadah yang besar. Aduk rata agar semua bahan tercampur dengan baik.

2. Tambahkan santan sedikit-sedikit sambil diaduk hingga adonan menjadi kalis.

Tambahkan santan sedikit-sedikit sambil diaduk hingga adonan menjadi kalis. Jangan terlalu banyak menambahkan santan agar adonan tidak terlalu cair.

3. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil diaduk hingga adonan menjadi lebih cair.

Tambahkan air sedikit-sedikit sambil diaduk hingga adonan menjadi lebih cair. Pastikan adonan tidak terlalu cair atau terlalu kental.

4. Diamkan adonan selama 10-15 menit.

Diamkan adonan selama 10-15 menit agar adonan menjadi lebih kenyal dan mudah dibentuk.

5. Ambil satu sendok adonan dan bentuk bulat-bulat.

Ambil satu sendok adonan dan bentuk bulat-bulat dengan ukuran yang sama. Jangan terlalu besar atau terlalu kecil.

6. Panaskan kukusan dan lapisi dengan daun pisang.

Panaskan kukusan dan lapisi dengan daun pisang agar kue sagu atau bagea papua tidak lengket pada wadah kukusan.

7. Letakkan bulatan adonan kue sagu atau bagea papua pada kukusan yang sudah dipanaskan.

Letakkan bulatan adonan kue sagu atau bagea papua pada kukusan yang sudah dipanaskan. Jangan terlalu rapat agar kue tidak saling menempel.

8. Kukus kue sagu atau bagea papua selama 30-40 menit.

Kukus kue sagu atau bagea papua selama 30-40 menit hingga matang. Jangan membuka kukusan saat proses pengukusan berlangsung agar kue tidak kempes.

9. Angkat dan biarkan kue sagu atau bagea papua dingin.

Angkat kue sagu atau bagea papua dari kukusan dan biarkan dingin. Kue sagu atau bagea papua siap disajikan.

People also ask tentang kue sagu atau bagea papua:
1. Apa itu kue sagu atau bagea papua?

Kue sagu atau bagea papua adalah salah satu kue tradisional khas Papua yang terbuat dari tepung sagu. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya yang manis.

2. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue sagu atau bagea papua?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue sagu atau bagea papua antara lain tepung sagu, gula merah, kelapa parut, santan, garam, daun pandan, dan air matang.

3. Bagaimana cara membuat kue sagu atau bagea papua?

Cara membuat kue sagu atau bagea papua antara lain mencampurkan semua bahan dalam satu wadah yang besar, menambahkan santan sedikit-sedikit sambil diaduk, menambahkan air sedikit-sedikit sambil diaduk, diamkan adonan selama 10-15 menit, membentuk adonan menjadi bulatan-bulatan, mengukus adonan selama 30-40 menit, dan biarkan adonan dingin sebelum disajikan.

4. Apa saja bahan pengganti santan yang dapat digunakan dalam membuat kue sagu atau bagea papua?

Bahan pengganti santan yang dapat digunakan dalam membuat kue sagu atau bagea papua antara lain susu cair, susu bubuk, atau air kelapa.

5. Bagaimana cara menyimpan kue sagu atau bagea papua agar tetap awet?

Kue sagu atau bagea papua dapat disimpan dalam wadah kedap udara dan ditempatkan di tempat yang sejuk dan kering. Kue dapat bertahan hingga 3-5 hari.

Terima kasih sudah mengikuti pembahasan Resep Kue Sagu Atau Bagea Papua sampai selesai. Silakan bagikan artikel dan referensikan website ini kepada yang membutuhkan. Ada banyak artikel sejenis lainnya yang bisa Anda simak, seperti : Resep Kue Ulang Tahun Untuk Anjing dan Resep Kue Apem Dari Tepung Beras Rose Brand.