Resep Kue Sagu Mutiara Kukus Gula Merah

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Sagu Mutiara Kukus Gula Merah salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Sagu Mutiara Kukus Gula Merah

Kue sagu mutiara kukus gula merah adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat populer. Kue ini terbuat dari tepung sagu mutiara yang dicampur dengan gula merah, kemudian dikukus hingga matang. Rasanya yang manis dan kenyal membuat kue ini sangat cocok sebagai camilan atau hidangan penutup. Berikut ini adalah resep lengkap untuk membuat kue sagu mutiara kukus gula merah yang lezat dan mudah dibuat.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kue sagu mutiara kukus gula merah, pastikan semua bahan yang dibutuhkan sudah tersedia. Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus disiapkan: – 250 gram tepung sagu mutiara – 200 ml air matang – 200 gram gula merah, parut halus – 1/2 sendok teh garam – Daun pandan secukupnya

Cara Membuat Adonan

Setelah semua bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah membuat adonan kue sagu mutiara kukus gula merah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya: 1. Campurkan tepung sagu mutiara, garam, dan air matang ke dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga adonan kalis dan tidak lengket. 2. Tambahkan parutan gula merah ke dalam adonan, kemudian aduk hingga merata. 3. Ambil selembar daun pandan, kemudian iris tipis-tipis. Tambahkan ke dalam adonan dan aduk hingga merata. 4. Diamkan adonan selama kurang lebih 15 menit agar gula merah dapat meresap ke dalam adonan.

Cara Mengukus Adonan

Setelah adonan sudah siap, langkah selanjutnya adalah mengukus adonan hingga matang. Berikut ini adalah cara mengukus adonan: 1. Siapkan kukusan dengan air yang sudah dipanaskan. 2. Ambil selembar daun pisang, kemudian olesi dengan minyak goreng. 3. Ambil satu sendok makan adonan, kemudian letakkan di atas daun pisang. Lakukan hingga adonan habis. 4. Kukus adonan selama kurang lebih 10-15 menit hingga matang.

Cara Penyajian

Setelah kue sagu mutiara kukus gula merah matang, langkah selanjutnya adalah menyajikannya. Berikut ini adalah cara penyajian yang dapat dilakukan: 1. Angkat kue sagu mutiara kukus gula merah dari kukusan, kemudian letakkan di atas piring atau mangkuk. 2. Hias kue sagu mutiara kukus gula merah dengan irisan daun pandan atau kelapa parut. 3. Sajikan kue sagu mutiara kukus gula merah selagi masih hangat untuk mendapatkan sensasi kenyal dan lezatnya. People also ask, apa itu tepung sagu mutiara? Tepung sagu mutiara adalah tepung yang terbuat dari sagu yang diolah sedemikian rupa sehingga membentuk bola-bola kecil yang kenyal. Tepung ini biasanya digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat kue tradisional Indonesia seperti kue lumpur, kue lapis, dan kue sagu mutiara. Nah, itulah resep lengkap untuk membuat kue sagu mutiara kukus gula merah yang lezat dan mudah dibuat. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Sagu Mutiara Kukus Gula Merah ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :