Resep Kue Sarang Semut Kukus Irit Telur

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Sarang Semut Kukus Irit Telur salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Sarang Semut Kukus Irit Telur

Kue sarang semut kukus irit telur merupakan salah satu kue tradisional yang cukup populer di Indonesia. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan manis dengan aroma pandan yang khas. Kue ini juga sangat mudah dibuat dan bahan-bahannya cukup sederhana. Berikut adalah resep untuk membuat kue sarang semut kukus irit telur.

Bahan-Bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue sarang semut kukus irit telur adalah:

  • 150 gram tepung terigu
  • 75 gram gula pasir
  • 3 butir telur
  • 1 sachet susu bubuk
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • 100 ml air matang
  • 1 sendok teh pasta pandan

Cara Membuat

Berikut adalah cara membuat kue sarang semut kukus irit telur:

1. Siapkan Bahan-Bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue sarang semut kukus irit telur. Pastikan semua bahan sudah terukur dengan tepat dan siap untuk digunakan.

2. Campurkan Tepung Terigu, Gula, Susu Bubuk, Baking Powder, dan Garam

Campurkan tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, baking powder, dan garam ke dalam sebuah wadah. Aduk rata menggunakan spatula atau saringan agar tidak ada gumpalan.

3. Tambahkan Telur, Air, dan Pasta Pandan

Tambahkan telur ke dalam campuran tepung terigu dan aduk rata. Selanjutnya, tambahkan air dan pasta pandan ke dalam adonan dan aduk hingga tercampur rata.

4. Kocok Adonan dengan Mixer

Kocok adonan menggunakan mixer dengan kecepatan sedang hingga adonan terlihat mengembang dan berwarna pucat. Hal ini dapat memakan waktu sekitar 5-10 menit.

5. Siapkan Loyang dan Alat Kukus

Siapkan loyang berukuran kecil dan olesi dengan sedikit margarin atau minyak goreng. Siapkan juga alat kukus dan panaskan air hingga mendidih.

6. Tuang Adonan ke Loyang

Tuang adonan ke dalam loyang yang telah diolesi margarin atau minyak goreng. Jangan terlalu penuh karena adonan akan mengembang saat dikukus.

7. Kukus Adonan

Kukus adonan selama sekitar 20-25 menit atau hingga matang. Tes kematangan dengan menusukkan tusuk gigi ke dalam adonan. Jika tusuk gigi keluar bersih, artinya adonan sudah matang.

8. Angkat dan Dinginkan

Angkat adonan dari loyang dan dinginkan selama beberapa menit. Kue sarang semut kukus irit telur siap disajikan.

Variasi

Anda dapat menambahkan topping sesuai selera pada kue sarang semut kukus irit telur seperti keju parut, meses, atau cokelat serut. Anda juga dapat mengganti pasta pandan dengan pasta lain seperti pandan, strawberry, atau vanilla.

People also ask, apakah kue sarang semut kukus irit telur bisa disimpan dan berapa lama masa simpannya?

Jawabannya, kue sarang semut kukus irit telur dapat disimpan dalam wadah kedap udara di suhu ruangan selama 2-3 hari. Namun, untuk menjaga kelembutan dan kelezatan kue, sebaiknya disimpan di dalam lemari es dan dikonsumsi dalam waktu 1-2 hari.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Sarang Semut Kukus Irit Telur ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :