Resep Kue Tepung Beras Merah

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Tepung Beras Merah salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Tepung Beras Merah

Kue adalah salah satu makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Berbagai jenis kue dapat ditemukan di Indonesia, mulai dari kue tradisional hingga kue modern. Salah satu jenis kue yang sedang populer saat ini adalah kue tepung beras merah. Kue ini terbuat dari tepung beras merah yang kaya akan serat dan nutrisi. Berikut ini adalah resep kue tepung beras merah yang dapat dicoba di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat kue tepung beras merah, pastikan kamu memiliki semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 250 gram tepung beras merah
  • 100 gram tepung terigu
  • 150 gram gula pasir
  • 3 butir telur
  • 100 ml santan
  • 100 ml air matang
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh pasta pandan
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Adonan

Setelah semua bahan-bahan telah disiapkan, langkah selanjutnya adalah membuat adonan. Berikut adalah cara membuat adonan kue tepung beras merah:

  1. Campurkan tepung beras merah, tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan garam dalam satu wadah. Aduk rata.
  2. Tambahkan telur dan aduk hingga tercampur sempurna.
  3. Tuang santan dan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kental.
  4. Tambahkan pasta pandan dan aduk kembali hingga merata.
  5. Diamkan adonan selama 15-30 menit.

Cara Membuat Kue Tepung Beras Merah

Setelah adonan telah siap, langkah selanjutnya adalah membuat kue tepung beras merah. Berikut adalah cara membuat kue tepung beras merah:

  1. Panaskan wajan dan beri sedikit minyak goreng.
  2. Ambil satu sendok sayur adonan dan tuang ke dalam wajan. Ratakan adonan dengan sendok.
  3. Tutup wajan dan biarkan kue matang selama 2-3 menit.
  4. Balik kue dan biarkan kue matang selama 1-2 menit.
  5. Angkat kue dan letakkan di atas kain bersih.
  6. Ulangi proses tersebut hingga adonan habis.
Cara Penyajian

Setelah kue telah matang, langkah selanjutnya adalah menyajikan kue tepung beras merah. Berikut adalah cara menyajikan kue tepung beras merah:

  1. Letakkan kue di atas piring saji.
  2. Hias kue dengan taburan kelapa parut atau gula halus.
  3. Kue tepung beras merah siap disajikan.

Itulah resep kue tepung beras merah yang dapat dicoba di rumah. Kue ini sangat cocok disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup. Selain enak, kue tepung beras merah juga kaya akan serat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Jawaban dari pertanyaan yang sering diajukan oleh orang-orang tentang kue tepung beras merah adalah apa manfaat dari tepung beras merah? Tepung beras merah mengandung serat yang tinggi, sehingga membantu menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, tepung beras merah juga mengandung vitamin B kompleks dan asam folat yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kandungan antioksidan pada tepung beras merah juga membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Tepung Beras Merah ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :