Resep Kue Ultah Sederhana Tanpa Mixer

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Ultah Sederhana Tanpa Mixer salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Ultah Sederhana Tanpa Mixer

Kue ulang tahun menjadi salah satu hidangan yang wajib ada dalam setiap acara ulang tahun. Namun, tidak semua orang memiliki mixer untuk membuat kue ulang tahun. Jangan khawatir, dalam artikel ini akan dijelaskan resep kue ulang tahun sederhana tanpa mixer. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan cara pembuatan yang simpel, kue ulang tahun sederhana ini bisa menjadi alternatif yang tepat untuk merayakan hari spesial Anda atau orang terdekat.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat kue ulang tahun sederhana tanpa mixer, pastikan semua bahan-bahan sudah tersedia. Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan:

1. Tepung terigu

Tepung terigu adalah bahan utama dalam pembuatan kue. Pilih tepung terigu yang memiliki kadar protein sedang, yaitu sekitar 8-10%. Protein yang cukup dalam tepung terigu akan membuat adonan kue lebih elastis dan tidak mudah rusak saat diaduk.

2. Gula pasir

Gula pasir digunakan sebagai pemanis dalam kue. Pastikan gula pasir yang digunakan halus dan tidak menggumpal agar mudah larut dalam adonan.

3. Telur

Telur digunakan sebagai pengikat dan pengembang dalam adonan kue. Pastikan telur yang digunakan segar dan bersih untuk menghindari rasa amis pada kue.

4. Susu cair

Susu cair digunakan sebagai pengganti air dalam adonan kue. Pilih susu cair yang memiliki kadar lemak sedang atau rendah untuk menghindari adonan kue yang terlalu berat.

5. Mentega cair

Mentega cair digunakan sebagai pengganti butter dalam adonan kue. Pilih mentega cair yang tidak mengandung garam agar rasa kue tidak terlalu asin.

6. Baking powder

Baking powder digunakan sebagai pengembang dalam adonan kue. Pastikan baking powder yang digunakan masih dalam masa aktif untuk menghindari kue yang tidak mengembang.

7. Essence vanila

Essence vanila digunakan sebagai aroma tambahan dalam adonan kue. Pilih essence vanila yang berkualitas untuk mendapatkan aroma yang enak dan tahan lama.

Cara membuat

Setelah semua bahan tersedia, berikut ini adalah cara membuat kue ulang tahun sederhana tanpa mixer:

1. Siapkan loyang

Siapkan loyang bulat dengan diameter 20 cm. Olesi loyang dengan mentega cair dan taburi tepung terigu tipis-tipis agar kue tidak lengket dan mudah dikeluarkan dari loyang setelah matang.

2. Ayak tepung terigu dan baking powder

Ayak tepung terigu dan baking powder untuk menghindari adonan kue yang bergerindil. Ayak tepung terigu dan baking powder sebanyak 2 kali agar tercampur secara merata.

3. Kocok telur dan gula pasir

Kocok telur dan gula pasir menggunakan whisk atau sendok kayu sampai tercampur rata dan berwarna putih pucat. Kocok menggunakan gerakan memutar dari bawah ke atas agar adonan kue mengembang maksimal.

4. Tambahkan susu cair dan mentega cair

Tambahkan susu cair dan mentega cair ke dalam adonan telur dan gula pasir. Aduk rata menggunakan spatula atau sendok kayu. Pastikan tidak ada bagian yang terlewat agar adonan kue tercampur merata.

5. Tambahkan essence vanila

Tambahkan essence vanila ke dalam adonan kue dan aduk rata menggunakan spatula atau sendok kayu. Essence vanila akan memberikan aroma yang enak pada kue.

6. Tambahkan campuran tepung terigu dan baking powder

Tambahkan campuran tepung terigu dan baking powder ke dalam adonan kue secara bertahap. Aduk menggunakan spatula atau sendok kayu sampai tercampur merata. Pastikan tidak ada bagian yang terlewat agar adonan kue tercampur merata.

7. Tuang adonan ke dalam loyang

Tuang adonan kue ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Ratakan permukaan adonan menggunakan spatula atau sendok kayu agar kue matang merata.

8. Panggang kue

Panaskan oven pada suhu 170 derajat Celsius. Panggang kue selama 30-35 menit atau sampai permukaan kue berwarna kecoklatan dan saat ditusuk dengan tusuk gigi tidak ada adonan yang menempel.

9. Keluarkan kue dari oven

Keluarkan kue dari oven dan biarkan dingin selama 10-15 menit di dalam loyang. Setelah itu, keluarkan kue dari loyang dan biarkan dingin sempurna di atas rak kawat.

10. Hias kue

Selanjutnya, hias kue sesuai dengan selera. Anda bisa menggunakan butter cream atau whipped cream sebagai topping kue. Tambahkan dekorasi seperti buah-buahan atau cokelat agar kue lebih menarik.

People Also Ask

1. Apakah resep kue ulang tahun sederhana tanpa mixer bisa digunakan untuk membuat kue lain?

Jawab: Ya, resep ini bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis kue, seperti kue bolu atau kue lapis.

2. Apakah kue ulang tahun sederhana tanpa mixer bisa disimpan dalam waktu lama?

Jawab: Kue ini bisa disimpan dalam waktu 2-3 hari di dalam kulkas.

3. Apakah bisa menggunakan gula halus sebagai pengganti gula pasir?

Jawab: Bisa, namun pastikan gula halus sudah diayak agar tidak menggumpal saat dicampur dengan adonan kue.

4. Apakah bisa menggunakan margarin sebagai pengganti mentega cair?

Jawab: Bisa, namun pastikan margarin yang digunakan tidak mengandung garam agar rasa kue tidak terlalu asin.

5. Apakah bisa menambahkan pewarna makanan pada adonan kue?

Jawab: Bisa, namun pastikan pewarna makanan yang digunakan aman untuk dikonsumsi dan tidak merubah rasa kue.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Ultah Sederhana Tanpa Mixer ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :