Resep Sambal Ayam Goreng Sulawesi Ibu Tini

Posted on

Resep Sambal Ayam Goreng Sulawesi Ibu Tini salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Ayam Goreng Sulawesi Ibu Tini

Koki Profesional – Resep Sambal Ayam Goreng Sulawesi Ibu Tini Sulawesi memiliki kekayaan kuliner yang sangat beragam. Salah satu masakan khas Sulawesi yang terkenal adalah sambal ayam goreng Sulawesi. Sambal ayam goreng Sulawesi memiliki rasa yang khas dan pedas yang membuat lidah bergoyang. Untuk itu, saya akan membagikan resep sambal ayam goreng Sulawesi ala Ibu Tini yang sudah terkenal enaknya. Yuk, kita simak resepnya!

Bahan-bahan

Sebelum memasak, pastikan Anda sudah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Berikut bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sambal ayam goreng Sulawesi ala Ibu Tini: – 1 ekor ayam, potong menjadi 8 bagian – 3 sdm air jeruk nipis – 2 sdt garam – 1/2 sdt merica bubuk – 3 siung bawang putih, haluskan – 4 sdm minyak untuk menggoreng – 2 batang serai, memarkan – 5 lembar daun jeruk – 3 lembar daun salam

Bahan-bahan untuk sambal

– 10 buah cabai merah, buang tangkainya – 5 buah cabai rawit, buang tangkainya – 5 siung bawang putih – 3 butir kemiri, sangrai – 1 sdt terasi – 1 sdt gula pasir – 1/2 sdt garam – 2 sdm minyak goreng

Cara Membuat

– Pertama-tama, lumuri ayam dengan air jeruk nipis, garam, dan merica bubuk. Diamkan selama 15 menit agar bumbu meresap. – Panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng ayam hingga matang dan kecoklatan. Angkat dan tiriskan. – Panaskan 4 sdm minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang putih hingga harum. Tambahkan serai, daun jeruk, dan daun salam. Tumis hingga harum. – Masukkan ayam goreng ke dalam wajan. Aduk rata hingga bumbu meresap dan ayam menjadi renyah.

Cara Membuat Sambal

– Panaskan 2 sdm minyak goreng dalam wajan. Tumis cabai merah, cabai rawit, dan bawang putih hingga harum. – Masukkan kemiri dan terasi. Aduk rata hingga tercampur. – Angkat dan dinginkan. – Setelah dingin, haluskan semua bahan sambal menggunakan blender atau cobek. – Tambahkan gula pasir dan garam. Aduk rata. Setelah sambal dan ayam goreng siap, letakkan ayam goreng di atas piring saji. Siram dengan sambal dan taburi dengan bawang goreng. Sajikan selagi masih hangat. People also ask: – Apakah sambal ayam goreng Sulawesi pedas? Iya, sambal ayam goreng Sulawesi memiliki rasa pedas yang khas. – Bagaimana cara mengurangi rasa pedas pada sambal ayam goreng Sulawesi? Anda dapat mengurangi jumlah cabai atau membuang bijinya untuk mengurangi rasa pedas pada sambal ayam goreng Sulawesi. – Apakah sambal ayam goreng Sulawesi cocok disajikan dengan nasi atau makanan lainnya? Sambal ayam goreng Sulawesi cocok disajikan dengan nasi hangat dan sayur-sayuran. Anda juga dapat menyajikannya dengan mie atau roti sebagai lauk. Demikianlah resep sambal ayam goreng Sulawesi ala Ibu Tini yang bisa Anda coba di rumah. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Ayam Goreng Sulawesi Ibu Tini ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :