Resep Sambal Dadakan Ala Sunda

Posted on

Resep Sambal Dadakan Ala Sunda salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Dadakan Ala Sunda

Koki profesional tidak hanya pandai dalam memasak makanan yang lezat, tetapi juga mampu menciptakan kreasi baru yang unik dan menggoda selera. Salah satu kreasi yang bisa Anda coba adalah resep sambal dadakan ala sunda. Berikut ini adalah resepnya yang bisa Anda ikuti di rumah.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat sambal dadakan ala sunda, pastikan bahwa semua bahan yang diperlukan sudah tersedia di dapur. Berikut ini adalah bahan yang perlu disiapkan:

  • 10 buah cabai rawit merah
  • 5 buah cabai merah besar
  • 5 siung bawang putih
  • 3 buah tomat
  • 1 buah jeruk nipis
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat Sambal Dadakan ala Sunda

Setelah semua bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah memulai membuat sambal dadakan ala sunda. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Siapkan bahan-bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang diperlukan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Pastikan bahwa cabai dan tomat sudah dicuci bersih sebelum digunakan.

2. Haluskan cabai dan bawang putih

Setelah semua bahan siap, haluskan cabai rawit, cabai merah, dan bawang putih menggunakan blender atau cobek. Jangan terlalu halus, biarkan sedikit kasar agar hasilnya lebih enak.

3. Potong tomat

Potong tomat menjadi beberapa bagian dan masukkan ke dalam blender atau cobek. Haluskan tomat hingga menjadi seperti jus.

4. Campurkan cabai dan tomat

Campurkan hasil blender cabai dan bawang putih dengan jus tomat yang sudah dihaluskan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.

5. Tambahkan garam dan gula

Tambahkan garam secukupnya untuk memberi rasa sedikit asin pada sambal. Selain itu, tambahkan juga gula pasir secukupnya untuk memberi rasa sedikit manis pada sambal. Aduk rata.

6. Tambahkan air jeruk nipis

Teteskan air jeruk nipis ke dalam sambal dan aduk rata. Air jeruk nipis akan memberi rasa sedikit asam pada sambal dan membuatnya lebih segar.

7. Sajikan

Sambal dadakan ala sunda siap disajikan. Anda bisa menyajikannya sebagai pelengkap makanan, seperti nasi goreng, mie goreng, atau bakso. Sambal ini juga cocok disajikan sebagai cocolan untuk keripik atau sayuran segar.

Tips dan Trik

Untuk hasil yang lebih enak, sebaiknya gunakan cabai dan tomat yang segar. Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan jumlah cabai sesuai dengan selera. Jika ingin lebih pedas, tambahkan lebih banyak cabai rawit. Sebaliknya, jika tidak suka pedas, kurangi jumlah cabai rawit dan tambahkan lebih banyak cabai merah besar.

People also ask: Berapa lama sambal dadakan ala sunda bisa disimpan?

Jawabannya adalah, sambal dadakan ala sunda bisa disimpan dalam kulkas selama 3-4 hari. Simpan dalam wadah kedap udara agar tidak cepat basi dan terkontaminasi bau lainnya. Sebaiknya jangan menyimpannya terlalu lama karena sambal ini tidak mengandung pengawet alami.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Dadakan Ala Sunda ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :