Resep Sambal Geprek Cabe Ijo

Posted on

Resep Sambal Geprek Cabe Ijo salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Geprek Cabe Ijo

Kamu sebagai koki profesional pasti sudah tidak asing lagi dengan sambal geprek cabe ijo. Sambal ini memiliki rasa pedas yang khas dan cocok dijadikan pelengkap makanan apapun. Nah, kali ini saya akan berbagi resep sambal geprek cabe ijo yang pasti akan membuat lidah kamu bergoyang.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Untuk membuat sambal geprek cabe ijo yang nikmat, kamu memerlukan bahan-bahan yang berkualitas. Berikut adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan:

1. Cabe ijo

Cabe ijo adalah bahan utama dalam resep sambal geprek cabe ijo. Kamu bisa memilih cabe ijo yang masih segar dan berwarna hijau cerah. Cabe ijo yang segar akan memberikan rasa pedas yang lebih nikmat.

2. Bawang putih

Bawang putih adalah bahan yang tidak bisa dilewatkan dalam membuat sambal geprek cabe ijo. Bawang putih akan memberikan rasa yang gurih dan meningkatkan cita rasa sambal.

3. Garam

Garam adalah bahan yang sangat penting dalam membuat sambal geprek cabe ijo. Garam akan membantu meningkatkan rasa pedas dan memberikan rasa yang lebih nikmat pada sambal.

4. Gula pasir

Gula pasir adalah bahan yang akan memberikan rasa manis pada sambal geprek cabe ijo. Kamu bisa menyesuaikan jumlah gula pasir sesuai dengan selera.

5. Air jeruk nipis

Air jeruk nipis adalah bahan yang akan memberikan rasa segar pada sambal geprek cabe ijo. Kamu bisa menambahkan air jeruk nipis sesuai dengan selera.

6. Tepung terigu

Tepung terigu adalah bahan yang digunakan untuk membuat tepung crispy pada sambal geprek cabe ijo. Tepung terigu akan membantu membuat sambal lebih kriuk dan nikmat.

7. Minyak goreng

Minyak goreng adalah bahan yang digunakan untuk menggoreng sambal geprek cabe ijo. Kamu bisa menggunakan minyak goreng yang sehat dan berkualitas.

Cara membuat sambal geprek cabe ijo

Setelah kamu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, selanjutnya adalah membuat sambal geprek cabe ijo. Berikut adalah cara membuat sambal geprek cabe ijo yang nikmat:

1. Siapkan bahan-bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal geprek cabe ijo. Pastikan bahan-bahan yang kamu gunakan berkualitas dan segar.

2. Haluskan cabe ijo dan bawang putih

Selanjutnya, haluskan cabe ijo dan bawang putih menggunakan blender atau cobek. Haluskan hingga benar-benar halus dan tercampur rata.

3. Tambahkan garam dan gula pasir

Setelah cabe ijo dan bawang putih halus, tambahkan garam dan gula pasir secukupnya. Aduk hingga tercampur rata.

4. Tambahkan air jeruk nipis

Tambahkan air jeruk nipis pada adonan cabe ijo dan bawang putih. Aduk hingga tercampur rata.

5. Tambahkan tepung terigu

Tambahkan tepung terigu pada adonan cabe ijo dan bawang putih. Aduk hingga tercampur rata dan adonan menjadi lebih kental.

6. Goreng adonan

Panaskan minyak goreng dalam wajan dan goreng adonan cabe ijo dan bawang putih hingga matang dan crispy.

7. Sajikan sambal geprek cabe ijo

Sajikan sambal geprek cabe ijo dalam piring dan geprek menggunakan ulekan atau cobek. Sambal geprek cabe ijo siap disajikan dan dinikmati.

Catatan

Untuk membuat sambal geprek cabe ijo yang lebih nikmat, kamu bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti daun jeruk, tomat, atau bawang merah. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan keju parut pada sambal geprek cabe ijo untuk memberikan rasa yang lebih gurih.

Penutup

Nah, itulah resep sambal geprek cabe ijo yang bisa kamu coba di rumah. Pastikan kamu menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan mengikuti langkah-langkah dengan benar. Selamat mencoba!

Jawaban untuk pertanyaan yang sering diajukan:

1. Apa itu sambal geprek cabe ijo?

Sambal geprek cabe ijo adalah sambal pedas yang terbuat dari cabe ijo yang digeprek dan dicampur dengan bahan-bahan lain seperti bawang putih, garam, dan gula pasir.

2. Bagaimana cara membuat sambal geprek cabe ijo?

Untuk membuat sambal geprek cabe ijo, kamu membutuhkan bahan-bahan seperti cabe ijo, bawang putih, garam, gula pasir, air jeruk nipis, tepung terigu, dan minyak goreng. Selanjutnya, haluskan cabe ijo dan bawang putih, tambahkan garam dan gula pasir, air jeruk nipis, dan tepung terigu. Goreng adonan hingga matang dan crispy, dan sambal geprek cabe ijo siap disajikan.

3. Apa yang bisa disajikan dengan sambal geprek cabe ijo?

Sambal geprek cabe ijo bisa disajikan dengan berbagai jenis makanan seperti nasi, ayam goreng, ikan goreng, dan masih banyak lagi. Sambal ini akan memberikan rasa pedas yang nikmat pada makanan.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Geprek Cabe Ijo ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :