Resep Sambal Goreng Ati Campur Pete

Posted on

Resep Sambal Goreng Ati Campur Pete salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Goreng Ati Campur Pete

Ketika kita membicarakan tentang hidangan yang paling populer di Indonesia, maka tidak bisa dipungkiri bahwa sambal goreng ati campur pete merupakan salah satu hidangan yang sangat digemari. Terutama bagi pecinta masakan pedas, sambal goreng ati campur pete bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dimasak di rumah. Namun, untuk bisa membuat hidangan ini dengan sempurna, maka dibutuhkan resep yang jelas dan detail. Berikut ini adalah resep lengkap untuk membuat sambal goreng ati campur pete.

Bahan-bahan yang diperlukan

Sebelum memasak hidangan ini, pastikan bahwa semua bahan yang diperlukan sudah tersedia. Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus disiapkan:

  • 500 gram hati ayam, potong-potong
  • 150 gram pete, belah dua
  • 5 buah cabai merah, iris tipis
  • 5 buah cabai hijau, iris tipis
  • 5 buah bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 3 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sendok teh terasi
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula merah
  • 1 sendok teh air jeruk nipis
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat sambal goreng ati campur pete

Setelah semua bahan siap, maka langkah selanjutnya adalah memasak hidangan ini dengan benar. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:

Langkah 1: Menyiapkan hati ayam

Pertama-tama, bersihkan hati ayam dengan air mengalir. Kemudian, potong-potong hati ayam menjadi ukuran yang sesuai dengan selera. Setelah itu, lumuri hati ayam dengan air jeruk nipis dan garam, lalu diamkan selama 10-15 menit.

Langkah 2: Menggoreng pete

Panaskan minyak goreng dalam wajan, lalu goreng pete hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan pete.

Langkah 3: Menggoreng hati ayam

Setelah hati ayam direndam selama 10-15 menit, panaskan minyak goreng dalam wajan. Setelah minyak panas, goreng hati ayam hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan hati ayam.

Langkah 4: Membuat bumbu sambal goreng

Haluskan terasi, cabai merah, cabai hijau, bawang merah, dan bawang putih dengan menggunakan blender atau cobek. Kemudian, tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan sedikit minyak goreng sampai harum.

Langkah 5: Menambahkan daun salam, serai, dan daun jeruk

Tambahkan daun salam, serai, dan daun jeruk ke dalam bumbu yang telah ditumis. Aduk rata dan tunggu sampai bumbu terlihat matang dan harum.

Langkah 6: Menambahkan gula merah dan garam

Masukkan gula merah, garam, dan air sedikit demi sedikit ke dalam bumbu. Aduk rata dan tunggu sampai semua bahan tercampur dengan baik.

Langkah 7: Menambahkan hati ayam dan pete

Tambahkan hati ayam dan pete ke dalam bumbu, lalu aduk rata. Pastikan semua bahan tercampur dengan baik dan bumbu meresap ke dalam hati ayam dan pete.

Langkah 8: Memasak sambal goreng ati campur pete

Masak sambal goreng ati campur pete dengan api kecil, sambil terus diaduk agar tidak gosong. Tunggu sampai bumbu meresap ke dalam hati ayam dan pete. Setelah itu, matikan api dan hidangan siap disajikan.

Penyajian hidangan

Sambal goreng ati campur pete bisa disajikan dengan nasi putih hangat dan lauk lainnya, seperti sayur bening atau telur balado. Hidangan ini cukup pedas, jadi pastikan untuk menyesuaikan dengan selera.

Baca juga: Resep Sop Buntut Sederhana

People also ask:

1. Apakah sambal goreng ati campur pete sulit dibuat?

Jawaban: Tidak, sambal goreng ati campur pete cukup mudah dibuat jika Anda mengikuti resep dengan benar.

2. Apakah hati ayam harus direndam dengan air jeruk nipis?

Jawaban: Ya, merendam hati ayam dengan air jeruk nipis bisa membuat hati ayam lebih empuk dan tidak berbau amis.

3. Apakah sambal goreng ati campur pete bisa disimpan dalam kulkas?

Jawaban: Ya, sambal goreng ati campur pete bisa disimpan dalam kulkas selama 2-3 hari jika disimpan dalam wadah kedap udara.

4. Apakah sambal goreng ati campur pete bisa dijadikan lauk?

Jawaban: Ya, sambal goreng ati campur pete bisa dijadikan lauk dan disajikan bersama nasi putih hangat dan sayur.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Goreng Ati Campur Pete ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :