Resep Sambal Goreng Terong Hijau

Posted on

Resep Sambal Goreng Terong Hijau salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Goreng Terong Hijau

Koki Profesional – Resep Sambal Goreng Terong Hijau Sambal goreng terong hijau adalah hidangan yang berasal dari Indonesia. Resep ini menggabungkan terong hijau yang digoreng dengan bumbu-bumbu yang lezat dan pedas. Sambal goreng terong hijau sering disajikan sebagai lauk pendamping nasi. Berikut adalah resep sambal goreng terong hijau yang mudah dan lezat.

Bahan-bahan:

– 500 gram terong hijau – 5 siung bawang merah – 3 siung bawang putih – 5 buah cabai merah – 3 buah cabai rawit – 2 lembar daun salam – 2 cm lengkuas – 1 sdt gula jawa – 1 sdt terasi – Garam secukupnya – Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

1. Pertama-tama, potong terong hijau menjadi irisan bulat setebal 1 cm. Goreng terong hijau dengan minyak panas hingga kecokelatan. Tiriskan dan sisihkan. 2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, gula jawa, terasi, dan garam dengan menggunakan blender atau ulekan. 3. Panaskan 2 sendok makan minyak goreng di wajan. Tumis bumbu halus bersama daun salam dan lengkuas hingga harum. 4. Setelah itu, tambahkan terong hijau yang sudah digoreng ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga terong hijau tercampur rata dengan bumbu. 5. Masak sambal goreng terong hijau dengan api sedang hingga bumbu meresap dan terong hijau menjadi empuk. 6. Tambahkan garam secukupnya dan aduk rata.

Tips:

– Jika terong hijau terlalu besar, potong menjadi dua bagian sebelum diiris. – Jangan terlalu banyak menggoreng terong hijau agar tidak terlalu berminyak. – Jika tidak suka pedas, kurangi jumlah cabai merah dan cabai rawit.

Cara penyajian:

Sambal goreng terong hijau siap disajikan sebagai lauk pendamping nasi. Hidangkan dengan taburan bawang goreng di atasnya untuk menambah aroma dan rasa. Untuk varian lainnya, sambal goreng terong hijau juga bisa ditambahkan dengan bahan lain seperti telur, tahu, atau tempe. Cukup tambahkan bahan tersebut saat memasak bersama terong hijau. People also ask: – Apakah sambal goreng terong hijau sulit dibuat? Jawab: Tidak, sambal goreng terong hijau sangat mudah dibuat asalkan mengikuti resep dengan baik. – Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal goreng terong hijau? Jawab: Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain terong hijau, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, daun salam, lengkuas, gula jawa, terasi, garam, dan minyak goreng. – Apa yang bisa ditambahkan ke dalam sambal goreng terong hijau? Jawab: Beberapa varian bahan yang bisa ditambahkan ke dalam sambal goreng terong hijau antara lain telur, tahu, atau tempe. Sekian resep sambal goreng terong hijau dari kami, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Goreng Terong Hijau ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :