Resep Sambal Lombok Ijo Goreng

Posted on

Resep Sambal Lombok Ijo Goreng salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Lombok Ijo Goreng

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan sambal. Sambal menjadi salah satu makanan yang selalu ada di meja makan orang Indonesia. Nah, kali ini saya akan berbagi resep tentang sambal lombok ijo goreng yang lezat dan pedas.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat sambal lombok ijo goreng, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • 15 buah cabai rawit hijau
  • 5 buah cabai besar hijau
  • 5 siung bawang putih
  • 2 sendok makan air jeruk nipis
  • 1 sendok teh garam
  • Aceh Super Bumbu Giling
  • Minyak goreng

Cara Membuat Sambal Lombok Ijo Goreng

Setelah semua bahan tersedia, kamu bisa mulai memasak sambal lombok ijo goreng dengan langkah-langkah berikut:

1. Siapkan Cabai dan Bawang Putih

Pertama, cuci bersih cabai dan bawang putih. Kemudian, iris cabai dan bawang putih agar lebih mudah dihaluskan. Jangan lupa untuk membuang biji cabai agar sambal tidak terlalu pedas.

2. Haluskan Bahan

Setelah cabai dan bawang putih diiris, haluskan kedua bahan tersebut menggunakan blender atau ulekan. Tambahkan sedikit air agar bahan lebih mudah dihaluskan.

3. Tambahkan Bumbu

Setelah cabai dan bawang putih halus, tambahkan Aceh Super Bumbu Giling secukupnya. Jangan lupa juga untuk menambahkan garam dan air jeruk nipis agar rasa sambal lebih enak.

4. Goreng Sambal

Selanjutnya, panaskan minyak goreng di wajan dengan api sedang. Setelah itu, masukkan sambal yang sudah dihaluskan dan aduk-aduk hingga matang. Kamu bisa menambahkan minyak goreng secukupnya agar sambal lebih lezat.

5. Angkat dan Sajikan

Setelah sambal matang, angkat dari wajan dan sajikan di piring. Kamu bisa menambahkan irisan tomat atau daun kemangi agar sambal lebih segar.

Cara Penyajian Sambal Lombok Ijo Goreng

Sambal lombok ijo goreng bisa disajikan sebagai pelengkap makanan atau sebagai sambal untuk nasi. Kamu bisa menyimpan sambal dalam wadah kaca yang bersih dan rapat agar tahan lebih lama.

Selain itu, sambal lombok ijo goreng juga bisa dijadikan sebagai bahan tambahan untuk membuat masakan lainnya seperti mie goreng atau nasi goreng. Dengan rasa yang pedas dan gurih, sambal lombok ijo goreng bisa membuat masakanmu lebih lezat dan nikmat.

People Also Ask

1. Apa itu sambal lombok ijo goreng?

Sambal lombok ijo goreng adalah sambal yang terbuat dari cabai hijau dan bawang putih yang dihaluskan dan digoreng dengan menggunakan minyak goreng. Sambal ini memiliki rasa pedas dan gurih yang sangat lezat.

2. Bagaimana cara membuat sambal lombok ijo goreng?

Untuk membuat sambal lombok ijo goreng, kamu membutuhkan bahan seperti cabai hijau, bawang putih, air jeruk nipis, garam, Aceh Super Bumbu Giling, dan minyak goreng. Setelah semua bahan tersedia, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas.

3. Apa manfaat sambal lombok ijo goreng?

Sambal lombok ijo goreng bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Cabai hijau yang menjadi bahan utama sambal ini kaya akan vitamin C yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, sambal juga bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

4. Apakah sambal lombok ijo goreng bisa bertahan lama?

Ya, sambal lombok ijo goreng bisa bertahan lama jika disimpan dengan baik. Kamu bisa menyimpan sambal dalam wadah kaca yang bersih dan rapat agar tidak terkena udara. Simpan sambal di tempat yang kering dan sejuk agar tahan lebih lama.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Lombok Ijo Goreng ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :