Resep Sambal Terasi Ikan Teri

Posted on

Resep Sambal Terasi Ikan Teri salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Terasi Ikan Teri

Kamu sedang mencari resep sambal terasi ikan teri yang enak dan mudah dibuat? Kamu berada di tempat yang tepat! Sebagai seorang koki profesional, saya akan membagikan resep sambal terasi ikan teri yang telah teruji dan terbukti lezat. Yuk, simak resepnya!

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat sambal terasi ikan teri, pastikan kamu menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus kamu siapkan:

  • 150 gram ikan teri
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah tomat
  • 2 sendok makan terasi
  • 1 sendok teh gula pasir
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Setelah semua bahan tersedia, kamu bisa memulai membuat sambal terasi ikan teri dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Goreng Ikan Teri

Pertama-tama, goreng ikan teri sampai kering dan renyah. Setelah itu, haluskan ikan teri dengan menggunakan blender atau ulekan. Sisihkan.

2. Tumis Bumbu Halus

Haluskan cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, dan terasi dengan menggunakan blender atau ulekan. Setelah itu, panaskan minyak goreng di atas wajan dan tumis bumbu halus sampai harum.

3. Masukkan Tomat

Selanjutnya, masukkan potongan tomat ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu halus. Tambahkan sedikit air agar tomat lebih mudah matang.

4. Tambahkan Ikan Teri

Setelah tomat matang, masukkan ikan teri yang telah dihaluskan ke dalam wajan. Aduk rata dan tambahkan gula pasir dan garam secukupnya. Tambahkan air jika sambal terasi ikan teri terlalu kering.

5. Masak Sampai Matang

Masak sambal terasi ikan teri sampai matang, yaitu ketika minyak keluar dari sambal dan bahan-bahan telah tercampur sempurna. Setelah itu, angkat sambal terasi ikan teri dari wajan dan sajikan.

Sajikan dengan Apa?

Sambal terasi ikan teri ini cocok disajikan dengan berbagai macam makanan, seperti nasi, lalapan, atau sayur-sayuran. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai bahan tambahan untuk masakan lain, seperti mie goreng atau nasi goreng. Rasanya yang pedas dan gurih akan membuat makananmu semakin lezat.

Nah, itulah resep sambal terasi ikan teri yang enak dan mudah dibuat. Kamu bisa mencobanya di rumah dan nikmati sensasi pedas dan gurih dari sambal terasi ikan teri ini. Selamat mencoba!

People also ask:

– Apakah sambal terasi ikan teri memiliki kandungan gizi yang baik?

Sambal terasi ikan teri mengandung protein dari ikan teri dan beberapa vitamin dari tomat dan cabai. Namun, perlu diingat bahwa sambal terasi ikan teri juga mengandung banyak garam dan minyak, sehingga sebaiknya dikonsumsi dengan bijak.

– Bisakah sambal terasi ikan teri disimpan dalam waktu yang lama?

Sambal terasi ikan teri dapat disimpan dalam kulkas selama beberapa hari. Namun, pastikan kamu menyimpannya dalam wadah tertutup rapat dan jangan lupa menghangatkan kembali sebelum disajikan.

– Apa saja variasi sambal terasi yang bisa dibuat selain sambal terasi ikan teri?

Ada banyak variasi sambal terasi yang bisa kamu coba, seperti sambal terasi telur, sambal terasi ayam, atau sambal terasi udang. Kamu juga bisa menambahkan bahan-bahan lain ke dalam sambal terasi, seperti kemangi atau daun jeruk untuk memberikan aroma yang lebih segar.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Terasi Ikan Teri ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :