Resep Sambal Terong Ungu Goreng

Posted on

Resep Sambal Terong Ungu Goreng salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Terong Ungu Goreng

Kamu yang suka dengan masakan pedas pasti tidak asing dengan sambal. Sambal menjadi salah satu bumbu yang wajib ada di dapur. Namun, kali ini kita tidak akan membahas sambal biasa, melainkan sambal terong ungu goreng. Yuk, simak resepnya!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat sambal terong ungu goreng, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut ini bahan-bahan yang diperlukan:

  • 10 buah terong ungu
  • 10 buah cabe rawit merah
  • 5 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah tomat
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan, saatnya memulai membuat sambal terong ungu goreng. Berikut ini cara membuatnya:

1. Potong Terong Ungu

Pertama-tama, potong terong ungu menjadi dua bagian dan iris tipis-tipis. Kemudian, rendam terong dalam air bersih selama 10-15 menit.

2. Haluskan Bumbu

Haluskan cabe rawit, bawang merah, bawang putih, dan tomat menggunakan blender atau ulekan.

3. Tumis Bumbu Halus

Panaskan minyak goreng dalam wajan, kemudian tumis bumbu halus hingga harum.

4. Masukkan Terong Ungu

Masukkan terong ungu yang sudah direndam ke dalam wajan yang berisi bumbu tumis. Aduk-aduk hingga terong tercampur dengan bumbu.

5. Tambahkan Garam dan Gula

Tambahkan garam dan gula pasir ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga tercampur rata.

6. Tambahkan Air

Tambahkan air secukupnya ke dalam wajan dan aduk-aduk hingga merata. Tutup wajan dan biarkan terong matang dan empuk.

7. Angkat dan Sajikan

Setelah terong matang, angkat dan sambal terong ungu goreng siap disajikan. Kamu bisa menambahkan irisan daun bawang atau seledri untuk menambah cita rasa.

Penyajian

Sambal terong ungu goreng enak disajikan dengan nasi putih dan lauk pauk kesukaanmu. Kamu juga bisa menyajikannya sebagai pelengkap saat makan bersama teman atau keluarga.

People also ask: Bagaimana cara membuat terong ungu goreng yang enak?

Jawabannya adalah dengan memotong terong ungu menjadi irisan tipis-tipis dan merendamnya dalam air bersih selama 10-15 menit sebelum digoreng. Setelah itu, goreng terong hingga kuning kecoklatan dan tiriskan. Kamu bisa menambahkan sedikit garam atau bumbu lainnya untuk menambah cita rasa.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Terong Ungu Goreng ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :